5 Tata Cara Aqiqah Yang Benar (Sesuai Syariat Islam)

5 Tata Cara Aqiqah Yang Benar (Sesuai Syariat Islam)

Aqiqah yaitu pengurbanan hewan pada hari ketujuh atau setelahnya dari hari kelahiran anak sebagai rasa syukur atas anugerah yang diberikan oleh Allah SWT, dan dibagikan kepada kerabat, tetangga, serta orang miskin dalam keadaan daging sudah dimasak. Tapi apakah anda sudah tau tata cara aqiqah ?

Dalam mengadakan acara aqiqah anak, biasanya kita juga di sibukkan dalam membuat dekorasi aqiqah yang menarik. Tetapi sebaiknya anda simak dulu artikel berikut ini mengenai cara melaksanakan aqiqah yang baik dan benar.

Waktu Yang Dianjurkan Dalam Tata Cara Aqiqah

Sesuai yang di sabdakan Rasulullah, waktu aqiqah yang paling utama adalah hari ke-7 dari hari kelahiran. Rasulullah SAW menganjurkan hal tersebut agar amalan kita segera diterima oleh Allah SWT.

Namun melaksanakan aqiqah tidak berlaku bagi seorang muslim yang kondisi ekonominya tidak memungkinkan. Seorang muslim yang mengalami masalah ekonomi, terlepas dari kewajiban melakukan aqiqah dan tidak akan berdosa karena meninggalkan ibadah yang satu ini, kecuali apabila ia mampu.

Aqiqah juga bisa dilaksanakan saat anda sudah akil balig atau dewasa, dan sudah memiliki uang yang cukup.

Syarat Hewan Aqiqah Sesuai Tata Cara Aqiqah

1. Jumlah hewan aqiqah

Jumlah hewan yang akan diaqiqahkan berdasarkan jenis kelamin anak, yaitu:

  • Untuk anak laki-laki berjumlah dua kambing, sedangkan
  • Untuk anak perempuan satu kambing.

Ketentuan tersebut berdasarkan kesimpulan dari sabda Rasulullah dan hadis-hadis yang ada seperti hadis riwayat riwayat abu daud, hadis riwayat tirmidzi dan lainnya.

2. Jenis hewan aqiqah

Ada beberapa pendapat yang masih berselisih mengenai jenis hewan yang akan diaqiqahkan. Apakah hanya kambing yang boleh diaqiqahkan atau hewan-hewan yang menyerupainya juga diperbolehkan?

Hewan aqiqah yang di contohkan oleh nabi Muhammad Shallallhu ‘alaihi wassalam adalah kambing atau hewan sejenisnya seperti domba, kisby (domba putih), ataupun gibas (sejenis kambing).

Selain itu hewan cacat juga tidak diperbolehkan untuk diaqiqahkan, berikut ini adalah hal-hal tidak diperbolehkan mengenai hewan cacat tersebut:

  • Hewan yang buta sebelah mata atau keduanya
  • Apabila hewan tersebut sakit
  • Mempunyai kaki yang pincang
  • Memiliki tubuh yang sangat kurus hingga tidak punya sumsum tulangnya

3. Kriteria umur hewan aqiqah

Dalam memilih hewan untuk diaqiqah kan juga memiliki kriteria umur, pada hewan kambing minimal umurnya adalah 1 tahun, sedangkan hewan domba minimal umurnya 6 bulan.

4. Pembagian daging hewan aqiqah

Dalam membagikan daging hewan aqiqah harus dalam kondisi yang sudah masak, lalu bisa dibagikan kepada keluarga, tetangga dan juga orang yang kekurangan.

Pemberian Nama Anak Pada Saat Aqiqah

Dalam menyelenggarakan aqiqah, anda di sunahkan untuk mencukur rambut anak dan juga memberikan nama yang baik. Memberikan nama bayi laki-laki maupun nama bayi perempuan harus memiliki makna yang baik, agar dapat mencerminkan dirinya saat besar nanti.

Memberikan nama kepada anak yang baru lahir juga akan mencerminkan bagaimana akhlak dan imannya kelak nanti kepada Allah SWT.

Mencukur Rambut Sesuai Dengan Tata Cara Aqiqah

Tata cara selanjutnya, adalah mencukur rambut saat aqiqah. Mencukur rambut dianjurkan oleh Rasulullah kepada anak yang baru lahir saat hari ke-7.

Doa Menyembelih Hewan Aqiqah Sesuai Tata Cara Aqiqah

Saat menyembelih hewan untuk diaqiqahkan, ada doa yang kita ucapkan yaitu: Bismillah, Allahumma taqobbal min muhammadin, wa aali muhammadin, wa min ummati muhammadin.

Artinya:”Dengan nama Allah, ya Allah terimalah (kurban) dari Muhammad dan keluarga Muhammad serta dari umat Muhammad.” (HR Ahmad, Muslim, Abu Dawud)

Hikmah Menjalankan Aqiqah

Dalam mengadakan acara aqiqah, terdapat banyak hikmah yang kita dapat, diantaranya adalah:

  • Untuk mewujudkan rasa syukur kepada Allah SWT, karena telah diberikan karunia seorang anak sebagai penerus keluarga, dan telah mengikuti sunah Rasulullah SAW.
  • Sebagai wujud rasa gembira yang dirasakan serta ingin berbagi kebahagiaan tersebut kepada orang sekitar.
  • Momen untuk berbagi kepada sesama dan juga untuk mempererat tali persaudaraan dan menjalin silaturrahmi.

Anda juga bisa tetap melaksanakan acara aqiqah walaupun budget yang anda miliki sedikit. Berikut tips-tipsnya untuk mengadakan acara aqiqah yang sederhana.

1. Perencanaan yang baik

Tahap pertama ini akan memudahkan anda dan pasangan agar lebih mudah melakukan aqiqah secara praktis. Apabila anda dan keluarga sepakat untuk melakukan acara aqiqah yang sederhana, maka anda cukup menyusun beberapa prosesi wajibnya saja.

Dengan begitu, dana yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar, sehingga tujuan anda untuk menggelar acara aqiqah yang sederhana dapat terwujud. Dengan melaksanakan prosesi wajib aqiqah yang dipilih, dapat menyampaikan tujuan aqiqah yang sebenarnya.

Anda harus menyusun acara aqiqah ini secara baik dan se efisien mungkin, agar semua prosesi acara ini dapat terlaksana dengan baik dan semua kegiatan yang telah dipilih telah sesuai dengan ketentuan yang seharusnya.

2. Menyusun anggaran yang dibutuhkan

Karena anda menginginkan acara aqiqah yang sederhana, maka dana yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Sehingga anggaran-anggaran yang akan dibutuhkan nantinya, harus disusun secara tepat agar dan kita tahu berapa banyak dan yang kita butuhkan.

Agar acara ini dapat berjalan dengan biaya yang hemat, catatatlah semua biaya yang akan dikeluarkan termasuk biaya kecil yang dibithkan nantinya. Biaya kecil yang seringkali dikeluarkan inilah yang biasanya membuat pengeluaran menjadi besar.

3. Memilih waktu yang tepat

Dengan waktu yang tepat, anda juga bisa merencanakan segala sesuatu dengan lebih bijak. Jika mengadakan acara aqiqah dengan terburu-buru, besar kemungkinan biaya yang dikeluarkan tidak bisa ditekan dengan baik.

Namun, apabila kita melaksanakan acara aqiqah pada waktu yang tepat serta dengan rencana yang matang, kita bisa memiliki waktu yang panjang untuk menyusun berbagai rencana dengan biaya yang se efektif mungkin.

Dengan waktu yang tepat, anda juga bisa mengatur acara ini jauh-jauh hari yang akan memudahkan jadwal anda apabila anda dan pasangan memiliki aktivitas yang padat di luar rumah.

4. Membatasi jumlah undangan

Semakin banyak jumlah undangan, maka semakin banyak juga jumlah konsumsi dan biaya yang harus dipenuhi. Dan karena anda merencanakan acara aqiqah yang sederhana, membatasi jumlah undangan yang datang adalah cara yang tepat.

Anda bisa memulai dengan memilih orang-orang yang akan diundang ke acara tersebut, sehingga bisa memprediksi jumlah tamu yang akan datang nantinya. Dan juga anda harus menganalisa jumlah tamu, untuk menyesuaikan jumlah konsumsi.

Dan pastikan jumlah konsumsi yang dipesan atau disiapkan nantinya, sesuai dengan jumlah tamu jangan sampai berlebihan karena bisa mubazir atau kekurangan karena bisa memberikan kesan kurang baik terhadap tamu yang datang.

Inti dari pelaksanaan aqiqah adalah sebagai ucapan rasa syukur kepada Allah SWT atas berkat dan karunia yang telah diberikan. Dan juga agar kita tidak lupa kepada orang sekitar, dengan berbagi juga kepada orang-orang di sekeliling kita.

Beberapa informasi yang kami bisa berikan mengenai aqiqah tersebut, semoga bisa membantu anda yang sedang mencari informasi mengenai hal tersebut.

Leave a Comment