3 Contoh Undangan Aqiqah Menarik (Mudah dibuat)

3 Contoh Undangan Aqiqah Menarik (Mudah dibuat)

Sebelum saya membahas tentang beberapa contoh undangan Aqiqah. Ada baiknya Anda mengetahui dahulu mengenai segala hal yang berhubungan dengan Aqiqah. Baik itu pengertian Aqiqah, hukum melaksanakan Aqiqah secara Islam, Syarat, Waktu, dan juga Tata cara melaksanakan Aqiqah.

Secara bahasa, Aqiqah diambil dari bahasa Arab yang berarti menyembelih. Menurut pengertian agama Islam, Aqiqah merupakan ibadah dengan cara mengorbankan hewan dengan maksud sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada sang pencipta Allah SWT. Ungkapan rasa syukur ini dimaksudkan atas bayi yang baru terlahir ke dunia ini.

Hukum Aqiqah

Aqiqah yang di peruntukkan sebagai ucapan rasa syukur ini secara syariat agama, hukum Aqiqah adalah Sunah muakkad. Akan tetapi terdapat perbedaan pendapat mengenai hukum melaksanakan Aqiqah. Sebagian Ulama menjelaskan kalau hukum Aqiqah adalah Wajib, terutama untuk kalangan yang mampu dalam hal finansial.

Doa Kelahiran Anak

Mempunyai seorang anak memang menjadi impian dari setiap orang tua. Oleh sebab itu bersyukur merupakan hal wajib yang harus Anda ungkapkan kepada Allah SWT. Salah satu ungkapan rasa syukur tersebut adalah dengan melaksanakan Aqiqah. Akan tetapi sebelum Anda melaksanakan Aqiqah yang biasanya dilaksanakan setelah 7 hari kelahiran anak Anda.

Jika Aqiqah dilaksanakan pada saat 7 hari kelahiran anak Anda. berikut ini doa kelahiran anak yang harus Anda lafalkan ketika anak Anda baru saja dilahirkan. Pertama adalah doa untuk meminta keberkahan. Tujuan dari meminta keberkahan adalah agar senantiasa anak Anda diberkahi oleh Allah SWT. Contoh doa untuk meminta keberkahan adalah “ Baarokallahu Fik” yang artinya semoga Allah memberkahi kamu.

Doa kelahiran anak yang kedua adalah memohon perlindungan dari godaan setan. Sama halnya dengan doa meminta keberkahan. Tidak ada lafal khusus untuk meminta perlindungan dari godaan setan. Anda dapat berdoa dengan bahasa yang biasa Anda gunakan. Karena esensi dari doa itu bukan dari ucapan. Melainkan dari niat Anda.

Referensi Contoh Undangan Aqiqah

Setelah prosesi penyembelihan berlangsung, pada umumnya bagi umat Islam di Indonesia dalam melaksanakan Aqiqah adalah mengadakan acara tasyakuran yang mengundang para tetangga untuk ikut menghadiri acara Aqiqah tersebut.

Untuk menghadirkan tetangga, pastinya mereka tidak serta-merta akan datang sendiri ketika mereka tahu Anda sedang mengadakan acara tasyakuran. Perlu adanya undangan untuk mengundang para tetangga Anda agar mau menghadiri acara Aqiqah yang sedang Anda laksanakan. Dengan adanya undangan yang Anda berikan, tetangga Anda akan menyempatkan waktu, karena Anda sudah repot-repot memberikan undangan yang sudah Anda buat sebelumnya.

Secara umum isi dari undangan untuk acara Aqiqah sama dengan undangan tasyakuran lainnya. Hal penting yang harus ada dalam undangan tersebut antara lain. Waktu dan tempat pelaksanaan acara Aqiqah dan tujuan Anda membuat undangan tersebut. Kedua hal tersebut menjadi dasar yang harus terpenuhi dalam setiap undangan yang akan Anda buat.

Jika Anda kesulitan untuk membuat undangan untuk acara Aqiqah, anda bisa menyerahkan masalah desain undangan Aqiqah ke pihak percetak yang berada di dekat rumah Anda. Atau Anda bisa mencari referensi contoh undangan Aqiqah yang bisa Anda temukan dengan mudah di mesin pencarian Google.

Berikut ini beberapa contoh undangan Aqiqah yang bisa Anda buat dengan sangat mudah.

Contoh Undangan Aqiqah yang Baik dan Benar

Contoh undangan Aqiqah yang sederhana bisa Anda buat dengan isi yang singkat dan jelas. Yang paling penting adalah informasi yang terdapat dalam undangan tersebut sudah dapat mewakili kalau Anda ingin mengundang tetangga dan kerabat Anda untuk menghadiri acara Aqiqah yang akan Anda buat.  Berikut ini poin-poin yang harus ada dalam undangan Aqiqah sederhana.

  • Dalam setiap undangan yang Anda buat, harus diawali dengan salam pembuka. Tak terkecuali dengan undangan Aqiqah. Hal tersebut dikarekan salam merupakan hal wajib yang digunakan untuk sapaan dalam agama Islam.
  • Hal kedua yang harus Anda tulis setelah salam pembuka adalah maksud dan tujuan Anda membuat undangan tersebut. Isi dari contoh undangan Aqiqah berupa informasi tempat, waktu pelaksanaan, serta serangkaian acara dalam Aqiqah tersebut. Usahakan tidak ada informasi yang salah dalam undangan yang Anda buat. Karena akan berakibat fatal jika ada informasi yang tidak tepat.
  • Poin terakhir yang harus ada dalam undangan Aqiqah adalah penutup. Isi penutup pada contoh undangan Aqiqah bisa berupa permohonan untuk menghadiri acara Aqiqah yang akan Anda laksanakan, kemudian di akhiri dengan ucapan terima kasih dan salam.

Anda bisa mencetak undangan tersebut pada selembar kertas. Contoh undangan Aqiqah ini sering digunakan, karena mudah dibuat dan tidak memerlukan budget yang mahal untuk biaya percetakan. Undangan Aqiqah sederhana ini bisa Anda cetak dalam selembar kertas yang dilipat agar lebih rapi mungkin sebelum diberikan ke tetangga Anda.

Contoh Undangan Aqiqah yang Simpel

Konten dalam undangan memang sangat penting. Akan tetapi desain undangan juga harus Anda perhatikan. Karena desain yang menarik akan membuat lebih menarik untuk dibaca. Menarik bukan berarti harus berlebihan. Buat desain yang simpel karena isi dalam undangan lah yang menjadi pin penting Anda membuat undangan tersebut.

Dalam undangan yang Anda buat Anda dapat memberikan tampilan background yang menaarik. Atau sekedar membuat bingkai agar isi muatan Undangan lebih menonjol untuk dibaca. Sebagai tambahan, Anda dapat menyisipkan foto anak Anda yang akan di Aqiqahkan pada halaman yang kosong. Jika Anda sulit untuk menemukan ide dalam membuat undangan Aqiqah, Anda dapat mencari referensi contoh undangan Aqiqah dengan desain yang menarik.

Contoh Undangan Aqiqah Unik

Jika Anda bosan dengan contoh undangan Aqiqah yang sering digunakan. Anda dapat membuat undangan Aqiqah dengan tampilan yang unik. Selain menyajikan informasi yang jelas. Akan lebih menarik jika kertas yang Anda gunakan untuk mencetak undangan mempunyai pola bentuk yang berbeda dengan undangan pada umumnya.

Jika pada umumnya undangan dicetak pada kertas dengan ukuran persegi, Anda dapat menggunakan kertas yang sesuai dengan desain yang Anda buat. Misalnya saja berbentuk Oval atau menyesuaikan dengan desain dari bingkai yang Anda buat. Akan lebih berkesan lagi jika media yang Anda gunakan untuk mencetak undangan terbuat dari bahan lain, seperti papan kayu.

Referensi Nama Bayi Perempuan yang Kekinian

Serangkaian acara Aqiqah salah satunya adalah memberikan nama untuk anak Anda yang baru saja berumur 7 hari. Pemberian nama adalah hal sakral, karena ada ungkapan kalau nama adalah doa. Jika anak Anda perempuan, Berikut ini nama bayi perempuan kekinian, dari perpaduan berbagai istilah, baik itu jawa, arab dan juga istilah lainnya, sehingga akan memberikan makna yang bagus untuk nama bayi perempuan Anda.

  • Ajeng Pramesti Ramadhani yang berarti anak perempuan cantik bagaikan permaisuri yang lahir di bulan ramadhan.
  • Nirmala Salsabila yang artinya anak perempuan yang suci laksana mata air di surga.
  • Kyra Queensha yang mempunyai arti perempuan terhormat bagaikan seorang ratu.
  • Azka Aqilla Qirani Wajdi dengan arti anak yang pandai dan cemerlang dan bersemangat dalam melakukan kebaikan.
  • Clarinta Ramaniya yang berarti putri kecil yang disayang dan terkenal.

Melaksanakan Aqiqah memang menjadi salah satu bentuk rasa syukur atas kelahiran anak Anda. akan tetapi hal yang paling penting dalam menyikapi kelahiran buah hati adalah mendoakan untuk kebaikan anak Anda. Ketika Anda sudah mampu untuk melaksanakan Aqiqah, barulah buat acara Aqiqah sebagai bentuk mensyukuri nikmat yang Anda terima. Akan tetapi jika Anda belum mampu, ada baiknya tidak memaksakan diri untuk melaksanakan Aqiqah tersebut.

Leave a Comment